Active WebCam software for IP or USB camera

Hadapi Fans, Bayern Sewa Ahli Teror

Written By ilalang on Sunday, June 12, 2011 | 1:53 AM

ILALANG.com - Gerakan penolakan terhadap Manuel Neuer dan hujatan kepada Presiden Uli Hoeneß yang dilancarkan kelompok Ultras Schickeria München ternyata disikapi sangat serius oleh manajemen Bayern München.

Setelah menyatakan bakal ada pertemuan khusus dengan perwakilan fans, termasuk Ultras, pada awal Juli, kini sebuah langkah lain ditempuh. Bayern menyewa ahli masalah teror, Wolfgang Salewski, untuk menjadi moderator pada pertemuan tersebut.

Salewski yang pernah menjadi penasihat Kanselir Helmut Kohl dan Helmut Schmidt mengaku diminta secara khusus oleh Chairman Karl-Heinz Rummenigge. “Dia menelepon dan bertanya apakah saya mau membantu dalam kasus ini dengan melakukan beberapa interview. Lalu, saya sarankan agar semua pihak berada di satu meja,” jelas dia.

Salewski pribadi sudah mulai intensif berbicara dengan beberapa fans. Dia tentu saja dibantu oleh Raimond Aumann, eks kiper Bayern yang kini mengurusi fans klub itu di seluruh dunia. “Nanti, intinya, semua pihak harus berbicara dari hati ke hati dan menemukan inti masalahnya,” lanjut dia lagi.

Ujian nanti tentu saja melunakkan sikap Ultras. Salewski menyadari betul hal tersebut. Namun, dia optimistis. “Tanpa fans, sebuah klub tak akan ada artinya. Ultras memang berbeda dengan fans biasa. Tapi, suara mereka juga perlu didengar. Saya ingin membangun jembatan agar semua masalah dibicarakan secara terbuka,” beber dia kepada AZ.

Upaya Bayern menyertakan Salewski ini memang terkesan berlebihan. Namun, jika ditelisik, konflik klub dengan Ultras tetap tak bisa dipandang enteng. Apalagi jika serangan yang dilakukan Ultras sudah mengarah kepada individu-individu tertentu seperti dalam kasus di Bayern. Tanpa penanganan serius, eskalasi konflik bisa berakibat fatal. Itulah yang coba dicegah oleh Rummenigge cs.(DS)

No comments:

Post a Comment